Senin, 27 Desember 2010

HYDE 1st Album ROENTGEN (2002) review

sejak tahun 1999, hyde menginginkan bersolo karir dengan namanya sendiri, ia pun sejak itu sudah mulai menciptakan lagu-lagu solonya yang akhirnya menjadi album pertamanya dibawah nama HYDE yang di beri nama ROENTGEN yang dirilis pada tahun 2002. Sebelum album ini dirlis, pada akhir 2001, pertama HYDE merilis Single "evergreen", "Angel's tale" dan lalu "SHALLOW SLEEP" pada awal 2002 terlebih dahulu yang konon ketiganya adalah satu rangkaian cerita (bahkan dibuatkan DVD PV Collection berisi 3 single ini yang sambung menyambung satu sama lain, ditambah lagu ke-4 "SECRET LETTERS", DVD ini berjudul "ROENTGEN STORIES" (2004)). Ada suatu kejutan yang diberikan HYDE di album ini, hampir semua lagu di album ini bertempo pelan, ambience, psychedelic dan hampir tidak ada distorsi, malahan digantikan oleh sentuhan Guitar Akustik dan juga Strings yang begitu indah, menenangkan dan penuh dengan sentuhan "fairy tale", sangat kontras dengan musik-musik yang ia ciptakan untuk L'Arc~en~Ciel. Di album solo pertamanya ini, ia juga melakukan perubahan image dengan mengecat seluruh rambutnya menjadi blonde dan hampir selalu tampil mengenakan baju/jubah putih, agar sesuai dengan konsep album ini yang sangat kental dengan warna musik "adult contemporary" yang pertama kali ia coba dalam lagu "Anemone", sebuah lagu yang harusnya masuk ke album ini, namun di batalkan atas keinginannya sendiri dan menjadi lagu L'Arc~en~Ciel. Selain "Anemone", lagu "Hoshizora" dan "Ophelia" dari album "AWAKE" juga seharusnya masuk ke album "ROENTGEN" ini.

Album ini dirilis dalam 4 edisi: Regular, Limited, english version dan dirilis ulang pada tahun 2004 (dengan tambahan 3 bonus track) dengan nama ROENTGEN.english.

Released:
March 27, 2002 (Regular and Limited Edition)
July 10, 2002 (ROENTGEN english version)
October 14, 2004 (ROENTGEN.english)
Genre:
Adult Contemporary, Ambience, Psychedelic

Length:
48:36

Producer:
HYDE

TRACK LIST
all lyrics and musics by HYDE / english translation by Lynne Hobday
1. UNEXPECTED 3:51
2. WHITE SONG 5:15
3. EVERGREEN 5:00
4. OASIS 4:36
5. A DROP OF COLOUR 4:36
6. SHALLOW SLEEP 4:49
7. NEW DAY'S DAWN 5:11
8. ANGEL'S TALE 5:02
9. THE CAPE OF STORMS 5:45
10. SECRET LETTERS 4:42

ROENTGEN.english Edition Bonus:
11. evergreen (english ensemble)
12. Angel's Tale (english ensemble)
13. SHALLOW SLEEP (english ensemble)


Review:
ROENTGEN (PERFECT ALBUM)
1. UNEXPECTED ***
merupakan track pembuka album ini yang sengaja ditempatkan di awal album untuk menyiapkan mood kita dalam mendengarkan keseluruhan album ini, dengan musik dan lirik yang repetitive dan penuh nuansa psychedelic dari sound-sound detil yang terdengar eerie. Secara khusus, lagu ini tidak terlalu istimewa, tapi secara umum (keseluruhan album), lagu ini sangat menentukan mood album ini.


2. WHITE SONG *****
setelah UNEXPECTED berakhir, kita langsung disambut oleh alunan Strings secara staccato (patah-patah) yang kemudian diikuti oleh suara Bassoon dan Oboe sebelum akhirnya HYDE mengucapkan kata pertamanya. intro dan iringan lagu ini menggambarkan tema lagu ini, karena Strings yang dimainkan sedara staccato sepanjang lagu menggambarkan salju yang turun perlahan-lahan dalam musim dingin, sesuai lirik lagunya, sungguh penggambaran yang sangat indah dari seorang HYDE yang kita kenal adalah seorang yang nakal di L'Arc~en~Ciel. disini tampak ia sangat menjiwai lagunya yang berangsur-angsur menjadi ramai dengan tambahan Piano dan Guitar Akustik, puncak lagu ini adalah di bagian chorus terakhirnya dimana HYDE berfalsetto yang menjadi ciri khasnya.

3. EVERGREEN *****
track ini sebelumnya sudah pernah dirilis sebagai single pada tahun 2001, dan di album ini tidak ada perubahan dari segi mix maupun aransemen, Lagu ini dibuka oleh duet antara HYDE dengan Guitar akustik yang lama-kelamaan diiringi oleh dentingan indah Piano dan alunan Strings sebelum akhirnya suara Soprano Saxophone mengisi Melody Solo diantara jeda verse, sungguh indah dan mengharukan saat mendengarnya. Pada bagian chorusnya, HYDE bernyanyi dengan sangat penuh perasaan.

4. OASIS *****
lagu ini sedikit berbeda dibanding 3 lagu pembuka album ini, lagu ini dimulai dengan petikan Guitar Akustik lalu disusul dengan suara HYDE yang sangat berat seolah ia berada ditengah-tengah OASIS, sesuai dengan lirik yang ia buat. Alunan musiknya juga terdengar satire, terutama saat Organ mengisi Lead Solo ditengah lagu, terdengar ironis bukan?

5. A DROP OF COLOUR *****
dentingan piano mengawali lagu ini dengan indah sebelum vocal HYDE masuk menyanyikan kegusarannya tentang hidup ini. Chorus yang ia nyanyikan sangat menyayat hati, dan dapat membuat orang tanpa sadar meneteskan air-matanya. Di tengah lagu, terdapat bagian Solo Trumpet yang terdengar meratap dengan sentuhan jazzy yang diiringi oleh Fretless Bass dan Strings sebelum akhirnya HYDE kembali menyanyikan chorus-nya sekali lagi hingga outro menutup lagu ini.

6. SHALLOW SLEEP *****
track single ini diawali dengan petikan Guitar Akustik yang sangat indah, lalu kemudian mengiringi HYDE dibagian verse-nya dengan chord-chord yang mengalir hingga akhirnya mencapai chorus yang sangat penuh perasaan. Bagian bridge-nya sangat berkesan, dimana HYDE menyanyikan "I see you – until I wake from shallow sleep" dengan sangat soulful. GREAT HYDE.

7. NEW DAY'S DAWN ****
track ini merupakan track paling misterius di album ini, di awali dengan Strings register rendah (Contrabass, Cello dan Viola) yang seperti bergumam sepanjang lagu ini secara staccato dan ostinato (berulang-ulang). Atmosfir yang tercipta di lagu inipun menjadi sangat misterius terutama dibagian tengah lagu, dimana Violin mengisi nada tinggi dengan banyak nada dissonance (tidak masuk tangganada).

8. ANGEL'S TALE ****
setelah disuguhi track yang misterius, kita disajikan dengan track yang paling simpel dan minimalist, hanya arpeggio Guitar Akustik dan Strings saja yang mengiringi HYDE dilagu ini. Suara HYDE terdengar sangat berat di keseluruhan lagu ini. lagu ini sebelumnya juga dirilis sebagai single.

9. THE CAPE OF STORMS *****
selanjutnya kita tiba dalam lagu yang digunakan sebagai SoundTrack dari Film "Kagen no Tsuki" yang juda dibintangi oleh HYDE sendiri. Sebuah lagu yang menceritakan "tersesat-nya jiwa manusia akibat dosa" yang ia lukiskan dengan penggambaran sebuah kapal (manusia) yang kehilangan arah karena diterjang badai (dosa). diawali oleh Strings yang memberi tema di awal lagu seolah menggambarkan badai itu sendiri, lalu HYDE menyanyikan chorusnya dengan powerful. Bagian lirik paling mengesankan adalah saat ia menyayikan "You know completely the taste of sin melting sweet in your mouth like chocolate" yang berarti "kau tahu benar rasa dari sebuah dosa yang lumer dimulutmu seperti cokelat"..sebuah penggambaran yang menyindir seluruh manusia, karena HYDE menggambarkan dosa sebagai cokelat yang manis dan nikmat sehingga semua manusia mau memakannya (mau melakukkan dosa). bagian prechorus-nya penuh dengan unsur eerie dari keyboard. lagu ini ditutup oleh Solo Violin yang sangat indah namun aneh.

10. SECRET LETTERS ****
track terakhir ini, kental bernuansa musik Italia dengan iringan Accordion dan Mandolin, bagian chorus sangat berkesan dengan falsetto khas HYDE yang indah.

BONUS:
11. evergreen (english ensemble) *****
versi ensemble dari evergreen, terdapat di single "evergreen" (2001). Liriknya ditranslate menjadi bahasa inggris secara keseluruhan dengan iringan ensemble jazz yang nikmat.

12. Angel's Tale (english ensemble) ****
versi ensemble dari Angel's tale, terdapat di single "Angel's tale (2001). secara keseluruhan hampir sama dengan versi english ensemble single lainnya.

13. SHALLOW SLEEP (english ensemble) *****
versi ensemble dari SHALLOW SLEEP, terdapat di single "SHALLOW SLEEP" (2002). sama seperti 2 track diatas.


rating total:
*****


hyde - vocals, acoustic and elcetric guitars, arrangements


LINK DOWNLOAD ROENTGEN (2002):
http://www.mediafire.com/?0wqiw0y0zyw


cover album:
(regular edition)
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1374863190642&set=a.1374861830608.45123.1803695512

(ROENTGEN english version)
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1374863390647&set=a.1374861830608.45123.1803695512

(ROENTGEN.english)
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1374863510650&set=a.1374861830608.45123.1803695512

0 komentar:

Posting Komentar